Metode Sleep Training untuk Bayi, Bantu Tidur Lebih Mandiri (2024)

Tidak perlu takut menerapkan sleep training pada bayi usia 4 bulan. Metode ini dipercaya memberi manfaat untuk kesehatan fisik dan mental anak. Ketahui metode dan manfaat selengkapnya di artikel ini, Mam!

Memangnya boleh meninggalkan bayi tidur sendirian di kamar? Sepertinya pertanyaan ini sudah sering diragukan oleh banyak orang tua. Tak sedikit Mama takut meninggalkan si kecil sendirian atau tanpa pantauan orang tua ketika tidur. Padahal sebenarnya, para ahli kesehatan tidak mempermasalahkan hal tersebut, Mam!

Bagi Mama yang belum tahu, sleep training adalah melatih bayi tidur sendiri tanpa harus digendong setiap saat. Pelatihan tidur ini aman untuk bayi dan tidak akan membahayakan kesehatan maupun psikologis si kecil.

Mengutip dari lamanCleveland Clinic, seorang dokter anak Noah Schwartz, MD membolehkan sleep training pada usia 4 bulan. Pada usia tersebut, ritme sirkadian atau hormon yang mengatur tidur dan bangun si kecil sudah mulai normal. Makanya, si kecil sudah bisa diajarkan kapan waktu untuk tidur dan bangun sesuai durasi kebutuhannya.

Bagi Mama yang belum tahu durasi tidur bayi, silahkan simak di artikel "Bayi Kurang Tidur Mengganggu Tumbuh Kembang? Ini Waktu Tidur Terbaiknya"

Supaya tidak bingung lagi, berikut ini beberapa manfaat dan cara menidurkan bayi sendiri.

Manfaat Sleep Training untuk Bayi

Mungkin mama bertanya-tanya, apa manfaat pelatihan tidur untuk bayi? Dikutip dari laman Very Well Family, pelatihan tidur dapat menghindari si kecil dari gangguan mental dan ketakutan berlebih saat tidur.

Mama jangan mengira, pelatihan tidur akan menjauhkan hubungan ibu dan anak, ya!Very Well Family bilang, tidak ada penelitian yang menunjukkan dampak negatif sleep training untuk bonding ibu dan anak. Justru, pelatihan ini membuat si kecil tidur lebih nyenyak dan tidak gampang rewel lagi. Ketika si kecil bangun, justru Mama lebih punya banyak waktu untuk main bersama.

Cara Menerapkan Sleep Training

Mama sudah tahu belum metode pelatihan tidur untuk bayi? Berikut ini beberapa cara yang bisa Mama lakukan.

The Chair

Salah satu metode pelatihan tidur yang bisa Mama terapkan adalah the chair. Caranya dengan meletakkan si kecil di tempat tidur dalam kondisi mengantuk tapi masih melek. Berikutnya, Mama dapat tidur di kursi atau dekat tempat tidur si kecil. Kalau dia menangis, Mama dapat menepuk-nepuk atau meninabobok. Pelan-pelan, Mama dapat memindahkan kursi jauh dari tempat tidur si kecil. Sampai akhirnya dia akan tertidur sendiri tanpa kehadiran Mama.


Cry it Out

Metode pelatihan tidur berikutnya adalah cry it out atau mengajak si kecil melakukan aktivitas rutin sebelum tidur. Mama dapat mengajak si kecil menyanyikan lagu, bercerita, berpelukan, atau memberi ciuman sebelum tidur. Berikutnya, Mama dapat membiarkan si kecil tidur sendiri.

Kalau bayi menangis bagaimana? Mama dianjurkan tidak menggendong atau membiarkan si kecil menenangkan dirinya sendiri. Percaya atau tidak, cara ini dipercaya dapat membuat bayi tidur lebih cepat, tapi sebagian orang tua masih tidak tega membiarkan si kecil sendiri.

Ferber

Kalau Mama merasa membiarkan si kecil menangis sendiri tidak nyaman, Mama bisa mencoba metode ferber. Mama dapat membiarkan si kecil menangis secara bertahap. Misal, di malam-malam pertama, Mama selalu datang dan menepuk-nepuk bayi agar dia tidur lagi. Di malam berikutnya, Mama dapat membiarkan si kecil menangis.

Gentle sleep training

Tak kalah menarik, Mama juga dapat menerapkan gentle sleep training. Metode ini membolehkan Mama langsung menenangkan bayi ketika menangis atau terbangun. Namun, Mama tidak boleh terlalu lama menggendong si kecil dan harus langsung dikembalikan, ya!

Itu tadi beberapa jenis metode sleep training. Mama dapat memilih sesuai kebutuhan saja.

Tips Menidurkan Bayi Sendiri

Menidurkan bayi usia 4 bulan sendirian tidak mudah, Mam. Pastikan Mama tetap konsisten dan tetap bersabar. Mengingat, masih banyak orang yang meremehkan pelatihan tidur untuk bayi. Berikut ini beberapa tips untuk Mama.

  • Pastikan bayi pisah tempat tidur dengan orang tua. Boleh satu kamar hanya berbeda kasur saja. Hal ini untuk melatih si kecil menenangkan dirinya sendiri.
  • Menetapkan jam tidur yang konsisten dan berusaha menaatinya.
  • Kalau bayi sudah mengantuk, bawa dia ke tempat tidur agar bisa belajar mengenali waktu.
  • Berikan suasana tidur yang aman dan nyaman untuk si kecil, seperti meredupkan lampu dan meminimalisir distraksi suara.
  • Kalau si kecil belum mengantuk, berikan pengertian pelan-pelan dan tidak perlu memarahinya.
  • Jangan langsung menggendong bayi kalau menangis malam-malam. Mama dapat memberinya waktu untuk menenangkan diri terlebih dulu.

Calming Baby Cream agar Bayi Tidur Nyenyak

Setelah mengetahui metode sleep training, pasti Mama tidak perlu ragu lagi meninggalkan si kecil tidur sendirian. Mengingat cara tersebut sangat baik untuk kemandirian si kecil di masa mendatang. Supaya si kecil tidur lebih nyenyak, Mintly sangat merekomendasikan produk baby calming yang dapat memberi kehangatan dan kenyamanan untuk bayi.

Sebagai produk calming cream no.1 yang terjual di Shopee, Gently Calming Baby Cream mengandung peppermint, lavender, dan aloevera yang dapat menghangatkan tubuh sekaligus memberi aroma terapi yang menenangkan. Apalagi kalau si kecil cemas atau rewel di malam hari, Mama tinggal oleskan baby cream ini saja.

Tenang saja, Mama tidak perlu takut kulit si kecil infeksi atau kemerah-merahan. Produk dari Gently ini sangat lembut dan aman untuk kulit sensitif si kecil, Mam.


Ketahui dan dapatkanGently Calming Baby Cream di sini!

Sumber:

https://www.babycenter.com/baby/sleep/baby-sleep-training-the-basics_1505715

https://health.clevelandclinic.org/when-and-how-to-sleep-train-your-baby

https://www.babycenter.com/baby/sleep/how-do-i-teach-my-baby-to-soothe-herself-to-sleep_1272921

https://www.verywellfamily.com/sleep-training-doesnt-ruin-your-baby-bond-6832212

Metode Sleep Training untuk Bayi, Bantu Tidur Lebih Mandiri (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Frankie Dare

Last Updated:

Views: 6422

Rating: 4.2 / 5 (53 voted)

Reviews: 92% of readers found this page helpful

Author information

Name: Frankie Dare

Birthday: 2000-01-27

Address: Suite 313 45115 Caridad Freeway, Port Barabaraville, MS 66713

Phone: +3769542039359

Job: Sales Manager

Hobby: Baton twirling, Stand-up comedy, Leather crafting, Rugby, tabletop games, Jigsaw puzzles, Air sports

Introduction: My name is Frankie Dare, I am a funny, beautiful, proud, fair, pleasant, cheerful, enthusiastic person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.